KARENA HATI YANG GERSANG TANPA SIRAMAN

Bagaimanapun keadaan manusia, tetap saja dia punya hati yang harus dibasahi dengan siraman rohani. Siraman rohani itu tidak hanya berupa nasihat, tetapi juga dengan melakukan segala macam amal ketaatan dan menjauhi berbagai bentuk kemaksiatan.

Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka hati akan tenang dan bahagia, sehingga dia tidak memerlukan hiburan tambahan lagi.

Inilah sebabnya, mengapa kita melihat orang yang rajin ibadah dan taat beragama; jarang ke tempat-tempat hiburan, jarang pergi rekreasi, jarang mengeluh, ringan menjalani hidup, dan seterusnya. Karena hatinya sudah bahagia, sehingga tidak perlu tambahan lagi.

Oleh karena itu, kenyataan yang ada sekarang ini; dengan banyaknya manusia yang mencari hiburan, rekreasi, melancong, berburu kuliner, lebih mengedepankan penampilan lahir dan mode semata. Itu semua pertanda GERSANGNYA hati mereka, pertanda hilangnya kebahagiaan hakiki di hati mereka.

Sehingga mereka berusaha mencari-cari ganti dari kebahagiaan hakiki itu di tempat-tempat tersebut.

Bagaimana hati tidak gersang, ibadah saja mereka malas. Kalaupun melakukannya mereka langsung selfie dan pamer kepada orang lain, seakan mereka tidak sadar, bahwa tanpa selfie pun Allah sudah merekam gerak langkah mereka.

Bagaimana hati akan bahagia, jika banyak dikotori dan terkontaminasi oleh kemaksiatan?! Mereka sebenarnya telah banyak tahu tentang amal-amal kebaikan, namun malas melakukannya!

Saudaraku.. Marilah benahi diri. Sungguh jika Anda ingin bahagia, maka fokuskanlah perhatianmu pada hati. Bahagiakanlah hatimu dan ingatlah bahwa dia tidak akan bahagia kecuali dengan amal kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah dan sesuai dengan tuntunan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.

Inilah yang Allah isyaratkan dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ

“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul jika dia menyeru kalian kepada sesuatu yang dapat memberikan kalian KEHIDUPAN”.

(QS. al-Anfal [8]: 24)

– Ustadz Dr. Musyaffa’ Ad Dariny, M.A. -hafizhahullah- –
______________________
📌 Kita sama-sama peduli dengan dakwah utama dan prioritas, yaitu tauhid dan aqidah. Anda bisa ikut aktif, caranya ketika mendapatkan tulisan ini, bagikan kembali di sosial media yang Anda punya dan seterusnya sehingga dakwah tauhid tersebar.

📲 Daftar Broadcast “Indonesia Bertauhid”
Instagram : iTauhid.com/instagram
WhatsApp : iTauhid.com/whatsapp
Facebook : iTauhid.com/facebook
Telegram : iTauhid.com/telegram
Twitter : iTauhid.com/twitter
LINE : iTauhid.com/line
BBM : iTauhid.com/bbm
______________________
Silakan disebarluaskan

Written by Indonesia Bertauhid