UNTUKMU YANG BERTAUBAT

Allah subhanallahu wa ta‘ala berfirman,

وَهُوَ الَّذِيْ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُوْ عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُوْنَ (الشّورى [٤٢]: ٢٥]

“Dan Dialah yang menerima taubat hamba-hamba-Nya, memaafkan kesalahan-kesalahan, dan mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. asy-Syūrā [42]: 25)

Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

“Sesungguhnya seorang hamba ditahan rezekinya akibat dosa yang dilakukan”. (HR. An-Nasa‘i dan Ibnu Majah)

Sesungguhnya pintu-pintu rezeki di langit terbuka. Allah ta‘ala menganugerahkan rezeki berupa kesejahteraan di satu pintu. Pintu lainnya dianugerahkan rezeki berupa harta, kesehatan, menyayangi putra dan putri, taubat, hidayah, keberkahan, dan seterusnya.

Ketika Engkau berbuat dosa, dosa yang Engkau anggap remeh, namun ternyata dosa itu telah menutup satu pintu rezeki. Lalu Engkau melakukan dosa lainnya lagi. Maka dosa tersebut menutup pintu rezeki yang lainnya lagi, demikian seterusnya.

Sesungguhnya kita menyembah Tuhan Yang Maha Penerima Taubat dan Penyayang, Yang Maha Pemberi Ampunan dan Mengampuni, Yang Maha Agung dan Mulia. Allah ‘azza wa jalla berfirman,

وَاللّٰهُ يُرِيْدُ أَنْ يَتُوْبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيْدُ الَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الشَّهَوَاتِ أَنْ تَمِيْلُوْا مَيْلًا عَظِيْمًا (النّسآء [٤]: ٢٧)

“Dan Allah hendak menerima taubatmu, akan tetapi orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya menginginkan supaya kamu berpaling sejauh-jauhnya”. (QS. an-Nisā [4]: 27)

Allah menyukai taubat hamba-hamba-Nya. Allah suka apabila Engkau bertaubat kepada-Nya untuk membuka lembar kehidupan yang baru. Setiap tahun pintu langit tertutup semuanya, kecuali satu pintu yang tak mungkin tertutup, pintunya sangat terbuka lebar, pintu yang paling indah dan agung, yaitu pintu taubat kepada-Nya.

Tahukah Engkau apakah taubat itu? Ia adalah penjaga rasa malu yang senantiasa mengalirkan air mata, rasa sesal akibat masa lalu, diterimanya apa yang akan datang, melepaskan baju yang terasing, dan memakai baju kesetiaan.

Taubat kepada Allah adalah perkara yang dicintai Allah. Dia memanggil hamba-hamba-Nya dan berkata,

وَإِنِّيْ لَغَفَّارٌ لِّمَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ (طٰهٰ [٢٠]: ٨٢)

“Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertaubat, beriman, beramal shalih, kemudian tetap di jalan yang benar”. (QS. Tāhā [20]: 82)

Allah membuka pintu harapan yang besar untukmu saudaraku, saudariku, juga untukku, dan kepada seluruh umat manusia. Allah jalla wa ‘ala berfirman,

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوْءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللّٰهَ يَجِدِ اللّٰهَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا (النّسآء [٤]: ١١٠)

“Dan barang siapa yang berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. an-Nisā [4]: 110)

Sesungguhnya Dialah Allah. Siapakah Zat yang menerima taubat? Allah. Allah memanggil dalam ayat tentang pengharapan paling agung menurut ahli ilmu, tentang harapan terbukanya pintu taubat. Berhati-hatilah, saudaraku! Berhati-hatilah, saudariku! Berhati-hatilah dari persangkaan bahwa Allah tak akan mengampunimu! Tidak!

Seperti apapun dosa yang Engkau perbuat, seperti apapun kejahatan yang Engkau lakukan, Dialah Yang Maha Pengampun dan Menutup Kesalahan, Yang Mengampuni dosa-dosa dan Menerima Taubat. Allah memanggilmu dan berkata,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِيْنَ أَسْرَفُوْا عَلٰٓى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۚ إِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ (الزّمر [٣٩]: ٥٣]

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. az-Zumar [39]: 53)

Kemudian Dia berkata lagi kepadamu, kepadaku, dan kepada seluruh manusia,

وَأَنِيبُوْآ إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوْا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُوْنَ (الزّمر [٣٩]: ٥٤]

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong”. (QS. az-Zumar [39]: 54)

Kembalilah! Bukalah lembaran yang baru! Jangan menyangka jika Engkau bertaubat, maka dirimu tak mungkin lagi berbuat dosa selamanya. Taubat lalu berbuat dosa, taubat lagi lalu berbuat dosa, taubat lagi lalu berbuat dosa.

Sesungguhnya surga untuk mereka yang selalu kembali (al-Awwab). al-Awwab adalah mereka yang berulang-ulang melakukan dosa, namun selalu kembali kepada Tuhannya. Allah ta‘ala berfirman,

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِيْنَ غَيْرَ بَعِيدٍ (٣١)

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertaqwa di tempat yang tidak jauh (dari mereka)”. (31)

هٰذَا مَا تُوْعَدُوْنَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيْظٍ (٣٢)

“Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada al-Awwab lagi yang memelihara (aturan-Nya)”. (32)

مٙنْ خَشِيَ الرَّحْمٰنٙ بِالْغَيْبِ وَجَآءَ بِقَلْبٍ مُّنِيْبٍ (٣٣)

“(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pengasih padahal ia tak melihat-Nya, kemudian ia datang dengan hati yang bertaubat”. (33)

(قٓ [٥٠]: ٣١-٣٣)

(QS. Qāf [50]: 31-33)

Wahai Engkau yang melampaui batas dan berbuat dosa! Kemudian Engkau menghentikannya, lalu Engkau menahan diri, dan Engkau pun meninggalkannya. Bergembiralah! Bergembiralah karena Allah telah mewahyukan dalam kitab-Nya,

… إِنْ يَنْتَهُوْا يُغْفَرْ لَهُمْ مَّا قَدْ سٙلٙفٙ… (الأنفال [٨]: ٣٨)

“… Jika mereka berhenti, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu…”. (QS. al-Anfāl [8]: 38)

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami semua yang kecil maupun besar, anugerahkanlah taubat pada kami. Wahai Tuhan Semesta Alam, kasihanilah kami dengan rahmat-Mu.

Ya Allah, Jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang bertaubat. Kabulkanlah doa kami semua dan orang-orang yang mengaminkannya, Ya Allah!

(Syaikh Muhammad Buqnah asy-Syahrani -hafizhahullah-)

– Ijma’ 83 –
__________________
📌 Kita sama-sama peduli dengan dakwah utama dan prioritas, yaitu tauhid dan aqidah. Anda bisa ikut aktif, caranya ketika mendapatkan share ini, share lagi ke sosial media yang Anda punya dan seterusnya sehingga dakwah tauhid tersebar.

📲 Daftar Broadcast “Indonesia Bertauhid”
Twitter & FB : @indonesiatauhid
Instagram : @indonesiabertauhidofficial
BBM : D0842CB0
Line : http://bit.ly/AkunLineIB
Telegram : @indonesiatauhid
__________________
Silakan disebarluaskan

Written by Indonesia Bertauhid