Hakikat Agama Islam

0
227

HAKIKAT AGAMA ISLAM

Ibnu Taimiyah -rahimahullah- berkata,

“Ikhlas adalah hakikat agama Islam. Karena Islam itu adalah kepasrahan kepada Allah, bukan kepada selain-Nya. Maka barang siapa yang tidak pasrah kepada Allah sesungguhnya dia telah bersikap sombong. Dan barang siapa yang pasrah kepada Allah dan kepada selain-Nya maka dia telah berbuat syirik.

Dan kedua-duanya, yaitu sombong dan syirik bertentangan dengan Islam. Oleh sebab itulah pokok ajaran Islam adalah syahadat laa ilaha illallah; dan ia mengandung ibadah kepada Allah semata dan meninggalkan ibadah kepada selain-Nya.

Itulah keislaman yang bersifat umum yang tidaklah menerima dari kaum pertama maupun kaum terakhir suatu agama selain agama itu. Sebagaimana firman Allah ta‘ala (yang artinya), “Dan barang siapa yang mencari selain Islam sebagai agama maka tidak akan diterima darinya dan di akhirat dia pasti akan termasuk golongan orang-orang yang merugi”. (QS. Ali ‘Imran [3]: 85)

Ini menegaskan kepada kita bahwasanya yang menjadi pokok agama sebenarnya adalah perkara-perkara batin yang berupa ilmu dan amalan hati, dan bahwasanya amal-amal lahiriyah tidak akan bermanfaat tanpanya”.

(lihat Mawa‘izh Syaikhil Islam Ibni Taimiyah, Hal. 30)
______________________
📌 Kita sama-sama peduli dengan dakwah utama dan prioritas, yaitu tauhid dan aqidah. Anda bisa ikut aktif, caranya ketika mendapatkan share ini, share lagi ke sosial media yang Anda punya dan seterusnya sehingga dakwah tauhid tersebar.

📲 Daftar Broadcast “Indonesia Bertauhid”
Twitter & FB : @indonesiatauhid
Instagram : @indonesiabertauhidofficial
BBM : D0842CB0
Line : http://bit.ly/AkunLineIB
Telegram : @indonesiatauhid
______________________
Silakan disebarluaskan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here