Adab di Hari Raya

0
3376

ADAB DI HARI RAYA

1. MANDI HARI RAYA
“Ibnu Umar radliallahu ‘anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan” (HR. Malik & asy-Syafi’i, sanadnya shahih)

2. BERHIAS, BERSIWAK, & MEMAKAI WEWANGIAN (BAGI LAKI-LAKI)
“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk kaum muslimin. Barangsiapa yang hadir jumatan, hendaknya dia mandi. Jika dia punya wewangian, hendaknya dia gunakan, dan kalian harus gosok gigi.” (HR. Ibn Majah, dihasankan Al-Albani)

3. MENGENAKAN PAKAIAN TERBAIK
“Nabi Shallallahu’alahi Wassallam memiliki jubah yang beliau gunakan ketika hari raya dan hari Jumat.” (HR. Ibn Khuzaimah)

4. IDUL FITRI: MAKAN SEBELUM SHALAT ID
IDUL ADHA: TIDAK MAKAN SEBELUM SHALAT ID
“Nabi Shallallahu’alahi Wassallam biasanya tidak keluar pada hari Idul Fitri hingga makan terlebih dahulu, dan tidak makan pada hari Idul Adha hingga beliau kembali dari shalat, lalu makan dengan daging sembelihannya” (HR. Muslim)

5. BERJALAN KAKI MENUJU TEMPAT SHOLAT ID
Ali bin Abi Tholib rodhiyallohu anhu berkata: “Termasuk perbuatan sunnah, kamu keluar mendatangi sholat Id dengan berjalan kaki” (HR. At-Tirmidzi)

6. BERBEDA JALAN MENUJU & PULANG SHALAT ID
“Nabi Shallallahu’alahi Wasallam biasanya ketika hari Id mengambil jalan yang berbeda antara pulang dan pergi” (HR. Bukhari)

7. BERTAKBIR DARI KELUAR RUMAH HINGGA MULAI SHALAT
“Rasulullah Shallallahu’alahi Wassallam biasa ketika keluar pada hari Idul Fitri beliau bertakbir sampai di (lapangan) tempat sholat, sampai didirikan sholat, apabila sholat telah ditegakkan maka terputuslah takbir” (HR. Ibnu Abi Syaibah, shahih)

8. SHALAT ID DI TEMPAT TERBUKA KECUALI ADA UDZUR
“Rasulullah Shallallahu’alahi Wassallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang” (HR. Bukhari & Muslim)

9. TIDAK ADA SHALAT SEBELUM DAN SESUDAH SHALAT ID
“Nabi Shallallahu’alahi Wassallam menuju lapangan ketika Idul Fitri, kemudian shalat dua rakaat. Tidak shalat sunah sebelum maupun sesudahnya. Dan beliau bersama Bilal” (HR. Bukhari & al-Baihaqi)

10. TIDAK ADA ADZAN DAN IQAMAH UNTUK SHALAT ID
Dari Jabir bin samurah radliallahu ‘anhu: “Saya shalat hari raya bersama Nabi Shallallahu’alahi Wassallam beberapa kali, tidak ada adzan dan qamat” (HR. Muslim)

11. DIBOLEHKAN SALING MENGUCAP SELAMAT
Sunnah para ulama mengucapkan selamat dan doa “Taqaballahu minna wa minkum” -semoga Allah menerima ibadah saya dan anda- . Fatma para ulama besar bahwa ucapan doa dan selamat bebas selama tidak menyalahi syariat, misalnya “Minal aidzin wa faidzin”

12. BATAS BERZAKAT FITRAH SEBELUM SHOLAT IDUL FITRI
“Barang siapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat maka itu adalah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat maka statusnya hanya sedekah” (HR. Abu Daud & Ibnu Majah, dihasankan Al-Albani)

13. MENYEMBELIH KURBAN SETELAH SHOLAT IDUL ADHA
“Barangsiapa yang menyembelih sebelum sholat, berarti ia menyembelih hanya untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang menyembelih sesudah sholat, maka telah sempurnalah qurbannya dan sesuai dengan sunnahnya kaum muslimin” (HR. Bukhari)

🌐 almanhaj.or.id, belajarhadits.com, rumaysho.com, konsultasisyariah.com

__________________
📌 Kita sama-sama peduli dengan dakwah utama dan prioritas, yaitu tauhid dan aqidah. Anda bisa ikut aktif, caranya ketika mendapatkan tulisan ini, bagikan kembali di sosial media yang Anda punya dan seterusnya sehingga dakwah tauhid tersebar.

📲 Daftar Broadcast “Indonesia Bertauhid”
Instagram : https://www.instagram.com/indonesiabertauhidofficial/
Facebook : https://www.facebook.com/indonesiabertauhidofficial/
Telegram : https://t.me/indonesiabertauhid
Twitter : https://twitter.com/indonesiatauhid
LINE : https://line.me/ti/p/@dxn3713g
Websiet : https://indonesiabertauhid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here